Cari

BERANDA > BERITA INDUSTRI SYARIAH


  • Senin, 6 Februari 2012

    Suaramerdeka - 06 Februari 2012

    SOLO- Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Anggito Abimanyu menilai perbankan di Indonesia belum efisien lantaran tingkat suku bunga yang masih tinggi.

    Padahal Bank Indonesia (BI) rate sekarang ini sudah sangat rendah. Karena itu seharusnya perbankan segera menurunkan bunganya, terutama kredit produktif hingga single digit.

    Hal ini disampaikan pada Pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Solo di Diamond Convention Center, Sabtu (4/2).

    ”Sekarang ini UMKM (usaha mikro kecil menengah) dibebani dengan bunga sampai 12 persen. Bagaimana bisa UMKM bertahan. Bisa-bisa margin laba mereka negatif untuk bayar bunga,” papar dia di hadapan puluhan pengurus yang berasal dari berbagai kalangan.

    Dia memandang, bank semata mengejar laba, terlihat dari spread (selisih bunga bank dengan BI rate) yang masih jauh. Sementara di negara lain, seperti Malaysia dan Thailand spread bisa negatif.
    ”Bunga harus diturunkan kalau ekonomi kita mau maju,” imbuh dia.


    Permintaan Pasar

    Sementara itu, salah satu undangan yang hadir, yakni Pimpinan Cabang Bank Muamalat Solo, Karsono menyampaikan, bunga atau bagi hasil pembiayaan di bank sulit turun lantaran permintaan pasar.
    Dalam negosiasinya, pemilik dana besar di atas Rp 10 miliar tidak akan mau menempatkan dana jika bunga tidak kurang dari 8 persen.

    Karena itu, sulit untuk menekan bagi hasil atau bunga menjadi single digit.
    ”Perlu campur tangan pemerintah agar pemilik dana, seperti dana pensiun untuk mau bernegosiasi,” papar dia.
    Pihaknya yakin apabila BUMN atau pemilik dana besar lain mau menurunkan bunga simpanan, bank akan menyesuaikan tingkat suku bunga kredit.

    Hal demikian tidak ditampik oleh Anggito. Dia menyebut bank BUMN yang saat ini menguasai 20 persen pangsa pasar perbankan justru masih mematok suku bunga tinggi untuk kredit UMKM.



   
Lowongan Pekerjaan di Cabang Pluit
 
Lowongan Pekerjaan di Cabang Pancoran
 
Lowongan Pekerjaan di Cabang Malang
 
Lowongan Kerja MODP Spesialis IT (MODP IT)
 
BANK MUAMALAT - Micro Jawa Tengah
 
BANK MUAMALAT - Micro Jawa Tengah
 
 
 

KLARIFIKASI KERJASAMA (ANTI FRAUD) 2013      PROMO SUBSIDI BELANJA 20%      Efektif per 1 Maret 2013 biaya kartu Shar-e Gold Debit adalah Rp 2.500,- per bulan. Info hubungi SalaMuamalat (021) 500016      Project Falah-Proposed Announcement      Bank Muamalat Targets Higher Fee-Based Income      Bank Muamalat Receives IDR328 Billion Funding from SMF      Sarana Multigriya distributes IDR328 billion to Bank Muamalat      Bank Muamalat to diversify credit distribution      Bank Muamalat Readies for Rp 1.5t Islamic Bond Sale      Bank Muamalat Issues Subordinated Sukuk Worth IDR 1.5 Trillion      Muamalatís sukuk set to be launched      Bank Muamalat shareholders to absorb IDR800 billion subordinated bonds      SHARIA BANKING: Q1, Bank Muamalat pockets IDR86.9 billion net profit