Cari

BERANDA > BERITA INDUSTRI SYARIAH


  • Senin, 30 Mei 2011

    Republika.co.id - Senin, 30 Mei 2011 16:41 WIB

    SURABAYA - Menteri Agama Suryadharma Ali melalui Dirjen Haji dan Umroh telah membuat kebijakan penggratisan biaya pembuatan paspor mulai 1 Juni sampai akhir Juli 2011. "Sebelumnya, biaya pengurusan paspor telah mengalami penurunan dari Rp 270.000 menjadi Rp 255.000," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jatim Drs Sutrisno Rahmat SE MPD MM di Surabaya, Senin (30/5).

    Menurut dia, turunnya biaya pengurusan paspor itu karena biaya sidik jari ditiadakan, namun tahun ini justru semakin ringan lagi, karena Menteri Agama menggratiskan biaya pengurusan paspor itu. "Pak Menteri menggratiskan, karena biaya pembuatan paspor telah dibiayai negara dengan dana optimalisasi Kementerian Agama, sehingga calhaj tidak dipungut biaya paspor sama sekali," paparnya.

    Oleh karena itu, ia mengharapkan calhaj yang masuk porsi haji 2011 segera menyiapkan segala persyaratan untuk pembuatan paspor haji. Misalnya, foto kopi KTP, foto kopi KSK, foto kopi surat nikah/akta nikah/ijazah, dan foto kopi tanda bukti setor haji BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji).

    "Bagi PNS/TNI/Polri tidak perlu dilampirkan surat izin atasan. Bagi calhaj yang tidak memiliki surat nikah/akta kelahiran/ijazah, misalnya hilang, maka bisa menggantinya dengan surat keterangan identitas diri dari Kemenag setempat," tuturnya.

    Ia berharap Kantor Imigrasi (Kanim) yang menangani paspor calhaj juga bisa proaktif dengan mendatangi calhaj di daerah seperti tahun lalu, sehingga calhaj tidak harus datang ke Kanim. "Hal itu mengingat usia para calhaj rata-rata di atas 50 tahun atau lansia dengan tempat tinggalnya di pelosok-pelosok desa," ujarnya.

    Selain itu, calhaj dalam musim haji 2011 tidak memakai seragam biru telor asin lagi, tapi memakai seragam batik khusus haji. "Untuk merealisasikan seragam batik itu, kami telah memberikan izin penggunaan hak cipta seragam batik kepada UKM (usaha kecil dan menengah) yang telah mendaftar di Kemenag dan memenuhi persyaratan sesuai SK Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah," katanya.

    Hingga kini, UKM yang telah mendaftar ke Kemenag sebanyak 32 UKM dan yang sudah mendapat izin Penggunaan Hak Cipta Seragam Batik Jamaah haji sebanyak 21 UKM. "UKM yang telah mendapat izin dari Kemenag berhak untuk memproduksi dan mendistribusikan seragam batik sesuai dengan ketentuan, sedangkan calhaj dikenai biaya pembelian karena hal tersebut tidak masuk dalam komponen BPIH," katanya menjelaskan.



   
Lowongan Pekerjaan di Cabang Pluit
 
Lowongan Pekerjaan di Cabang Pancoran
 
Lowongan Pekerjaan di Cabang Malang
 
Lowongan Kerja MODP Spesialis IT (MODP IT)
 
BANK MUAMALAT - Micro Jawa Tengah
 
BANK MUAMALAT - Micro Jawa Tengah
 
 
 

KLARIFIKASI KERJASAMA (ANTI FRAUD) 2013      PROMO SUBSIDI BELANJA 20%      Efektif per 1 Maret 2013 biaya kartu Shar-e Gold Debit adalah Rp 2.500,- per bulan. Info hubungi SalaMuamalat (021) 500016      Project Falah-Proposed Announcement      Bank Muamalat Targets Higher Fee-Based Income      Bank Muamalat Receives IDR328 Billion Funding from SMF      Sarana Multigriya distributes IDR328 billion to Bank Muamalat      Bank Muamalat to diversify credit distribution      Bank Muamalat Readies for Rp 1.5t Islamic Bond Sale      Bank Muamalat Issues Subordinated Sukuk Worth IDR 1.5 Trillion      Muamalatís sukuk set to be launched      Bank Muamalat shareholders to absorb IDR800 billion subordinated bonds      SHARIA BANKING: Q1, Bank Muamalat pockets IDR86.9 billion net profit